Cara Membuat Sate Kambing Dan Manfaatnya Untuk Kehamilan

Sate kambing adalah sejenis masakan yang berbahan dasar daging kambing. Cara membuat sate kambing adalah dengan cara daging kambing tersebut ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. 

Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.

Kunci kesuksesan sate kambing yang enak adalah tekstur dagingnya yang empuk dan tak ada bau prengus. Beberapa orang membuat daging lebih empuk bisa dengan berbagai cara misalnya saja dengan bantuan nanas atau pun pemilihan daging kambingnya.

Racikan bumbu sate kambing yang umum adalah bawang putih, bawang merah, jeruk limo, dan garam.

Cara Membuat Sate Kambing Empuk Dan Enak

Bagi Anda yang mau bikin sate kambing yang enak, berikut ini cara membuat sate kambing empuk dan tidak bau yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sate bisa dibuat dari bermacam daging, salah satunya daging kambing. Sumber Unsplash

1. Memilih Daging Kambing Yang Tepat

Jenis dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan. Biasanya daging kambing betina memiliki serat yang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak kandungan lemak sehingga enak dibuat menjadi sate.

2. Cara Pemotongan Daging

Cara membuat sate kambing empuk dan enak salah satunya dengan memperhatikan cara pemotongan daging. Untuk sate, sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Lihat alur serat daging dan ikuti arah serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak atau gajih bisa dicampur agar rasa daging kambingnya lebih gurih.

3. Jangan Cuci Daging

Menurut beberapa penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas.

4. Menambahkan Nanas

Cara membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan menghilangkan bau daging kambing. 

5. Memberi Bumbu

Agar daging kambing tidak berbau prengus bisa dicampurkan dengan bumbu aromatik. Bumbunya adalah daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut. Tak hanya bisa menutupi aroma prengus tetapi juga bisa menciptakan rasa yang gurih dan enak.

Ketika membakar sate, bisa juga diberi bumbu olesan. Racikan bumbunya yakni jahe, bawang putih, dan kecap.

6. Proses Pemanggangan

Dalam satu tusuk sate, Anda bisa mengisinya dengan 3 potong daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ke dalam bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan air kaldu.

Bakar daging dengan bara api sedang sampai setengah matang. Kemudian celupkan lagi ke dalam bumbu. Lanjutkan bakar sampai satenya matang.

7. Pelengkap Sate

Cara bikin sate kambing yang empuk dan enak juga bisa dengan menambahkan pelengkap. Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Cara membuatnya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limo.

Selain itu, sate kambing juga bisa dicampurkan dengan bumbu kacang. Racikan bumbu sate kambing berupa bumbu kacang bisa Anda buat.

Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limo.

Manfaat Makan Sate Kambing Selama Kehamilan

Selain sangat lezat, kambing juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk nutrisi kehamilan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil jika dengan takaran tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari sate kambing.

1. Menjadi sumber protein

Daging kambing sangat berkontribusi pada peningkatan kebutuhan protein dalam kehamilan. Ini membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Kaya zat besi

Daging kambing sangat kaya zat besi yang menjaga tingkat hemoglobin Anda. Ini membantu dalam perbaikan sel darah merah. Besi yang terkandung dalam daging kambing mudah diserap di tubuh Anda.

3. Mengandung seng (zinc)

Tingginya seng yang terkandung dalam daging membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh janin Anda, memastikan pertumbuhan keseluruhan bersama dengan pembelahan sel.

Selain itu jejak tembaga yang terkandung dalam daging kambing memastikan pertumbuhan maksimal bayi yang belum lahir.

4. Kaya vitamin B1

Daging kambing adalah sumber yang kaya Vitamin B12 yang menjaga sistem saraf tetap sehat, membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Resiko Makan Sate Kambing Selama Kehamilan

Tidak diragukan, manfaat daging kambing adalah sumber semua nutrisi penting yang Anda butuhkan selama kehamilan. Namun, ada beberapa faktor resiko mengonsumsi daging kambing yang tidak dapat dikesampingkan sepenuhnya.

Berikut adalah apa yang harus Anda ketahui tentang faktor risiko dari mengonsumsi daging kambing setiap hari selama kehamilan:

Masakan Berbahan Dasar Daging Kambing
Sate merupakan menu populer dari daging kambing. Sumber IG @boysuhartono

1. Kolesterol tinggi

Daging kambing mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh yang dapat menghasilkan peningkatan kadar lemak darah Anda secara signifikan. Ini tentu tidak terlalu diinginkan pada kehamilan.

2. Tekanan darah tinggi

Kambing kaya akan kandungan natrium dan terlalu banyak asupan dapat meningkatkan tingkat tekanan darah Anda dalam kehamilan yang dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

3. Alergi pada tubuh

Histamin pada kambing dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Eksim adalah salah satu bentuk infeksi yang paling umum. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga menderita asma, batuk, pilek, dan guncangan atau syok anafilaktik.

Namun, jika Anda memiliki izin dari penyedia layanan kesehatan, Anda dapat membuat hidangan daging kambing yang lezat dan menikmatinya. Dan jangan lupa jika terjadi tanda bahaya dalam kehamilan segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat sate kambing yang enak dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Anda bisa merasakan sate dengan olahan empuk dan enak hanya di jasa aqiqah Jakarta yaitu Aqiqah Satu. Dengan kembing yang berkualitas dan pengolahan profesional maka percayakan aqiqah putra-putri anda di Aqiqah Satu Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment