Manfaat Daging Kambing dan Kandungannya

Saat hari Raya Idul Adha tiba atau saat Aqiqah, kita dapat menggunakan manfaat daging kambing yakni untuk bahan olahan masakan yang akan Anda nikmati. Sate, tongseng, sop, gulai, dan lainnya merupakan beberapa masakan dengan bahan dasar daging kambing yang populer saat Idul Adha atau Aqiqah.

Hanya saja, ketika menikmati berbagai makanan berbahan daging ini ada banyak ketakutan yang muncul, khususnya saat makan daging kambing. Kebanyakan orang berpikir bahwa makan terlalu banyak daging merah akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Kini semakin banyak pakar yang mengatakan bahwa manfaat daging kambing sangat banyak dan memiliki kandungan gizi. Daging kambing dianggap lebih rendah kalori, lebih rendah total lemak, lemak jenuh, dan rendah kolesterol dibanding daging sapi dan daging lainnya.

Melansir Times of India, daging kambing juga memiliki tingkat zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging sapi, domba, dan ayam, dalam porsi yang sama. Selain itu, daging kambing juga mengandung kadar kalium yang lebih tinggi dan kadar natrium yang lebih rendah.

Manfaat daging kambing
Daging kambing dijadikan sate. Sumber Unsplash

Nilai Gizi Daging Kambing

Untuk mengetahui kandungan daging kambing, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Lemak dan Kalori

Ketika bicara tentang lemak, daging kambing  jauh lebih “bersih” dibanding daging lainnya. Daging ini juga punya kalori yang jauh lebih rendah. Daging merah seperti daging sapi ternyata memiliki lebih banyak lemak jenuh yang berpotensi menyebabkan kolesterol dibanding daging kambing.

Mengutip Live Strong, setiap tiga ons daging kambing mengandung 122 kalori, sedangkan daging sapi 179 dan daging ayam 162 kalori. Untuk urusan lemak, per tiga ons daging kambing memiliki total lemak 2,6 gram, sedangkan daging sapi 7,9 gram dan daging ayam 6,3 gram.

2. Lemak Jenuh

Harvard School of Public Health merekomendasikan untuk menghindari daging merah karena kandungan lemak jenuh yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun kenyataannya, daging kambing memiliki 0,79 gram lemak jenuh per sajian. Jumlah ini lebih ringan dibanding dengan daging sapi (3,0 gram) dan daging ayam (1,7 gram).

3. Zat Besi

Daging kambing memiliki zat besi yang lebih tinggi dibanding daging ayam. Zat besi adalah nutrisi penting untuk manusia, khususnya wanita. Kekurangan cadangan zat besi diketahui bisa menyebabkan orang mengalami anemia.

4. Protein

Daging ini juga tinggi kandungan proteinnya. Nilai protein daging kambing adalah 23 gram per porsi. Nilai ini tak jauh berbeda dengan nilai protein daging ayam dan sapi yaitu 25 gram per porsi. Protein dengan kadar tertentu berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Selain itu dapat membantu pertumbuhan janin.

5. Vitamin

Daging kambing memiliki banyak vitamin, salah satunya vitamin B yang dikenal bisa membantu pembakaran lemak. Selain itu, ada juga kandungan vitamin B12 yang dikenal bisa membuat kulit jadi lebih sehat.

6. Kolesterol

Dengan nilai gizi daging kambing yang lebih tinggi, nilai kolesterol daging kambing yang biasa dimakan saat Idul Adha ini ternyata cenderung rendah. Kolesterol kambing per 3 ons adalah sekitar 63,8 miligram Sedangkan daging ayam mengandung 76 miligram per tiga ons.

Manfaat Daging Kambing

Menurut situs pengawas makanan Amerika, USDA, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi, yaitu sebesar 75 mg.

Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium. Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam daging kambing, berikut beberapa manfaat daging kambing.

1. Sumber energi yang besar untuk aktivitas sehari-hari

2. Pembentukan otot, kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.

3. Mencegah anemia, hal ini disebabkan karena daging kambing mengandung zat besi yang besar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan zat besinya yang tinggi, mencapai 100 gram memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Antioksidan, kandungan seleniumnya yang besar, 38 mg atau 54% kebutuhan harian tubuh merupakan antioksidan.

6. Menjaga kesehatan mata, kandungan vitamun B2 atau riboflavin sebesar 0.3 mg atau 18% dari kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan mata.

7. Menjaga sistem saraf, kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi baik untuk menjaga sistem saraf Anda.

8. Kesehatan tulang, kandungan phosphorus yang besar, 272 mg atau 27% dari kebutuhan harian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Hanya saja, di samping aneka manfaat daging kambing, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan berlebihan. Sebab, kolesterol yang terkandung di dalamnya termasuk tinggi.

Manfaat daging kambing
Daging kambing mempunyai kandungan gizi. Sumber Unsplash

Demikianlah ulasan mengenai kandungan dan manfaat dari daging kambing yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda sudah mengetahui kandungan dan manfaat dari daging kambing, tentu punya pertimbangan matang untuk membuat sajian bergizi dari bahan dasar tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa membaca artikel tentang persiapan persalinan normal hanya di situs resmi Aqiqah Satu penyedia jasa aqiqah Jakarta dan sekitarnya. Terimakasih.

Leave a Comment