Menyelami 7 Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah dalam islam adalah penyembelihan hewan qurban dalam rangka rasa syukur atas kelahiran bayi yang Allah SWT titipkan kepada satu keluarga. Aqiqah juga termasuk kedalam bentuk ketaqwaan seorang hamba kepada tuhannya atas anugrah yang di berikan. Adapun hikmah aqiqah yang dilakukan merupakaan bentuk pembebasan dari ketergadaian sang anak yang dilahirkan. 

Hukum pelaksanaan aqiqah dalam kalangan ulama terdapat perselisihan pendapat yaitu ada yang mewajibkan ada pula yang mensunnahkan. Diantara ulama yang mewajibkan aqiqah adalah Syaikh Abdul ‘Azhim Al Badawi dan ulama yang mensunnahkan aqiqah yaitu Syaikh Utsaimin dan Imam Ahmad. 

Aqiqah tentu berbeda dengan pelaksanaan qurban walaupun sama sama melibatkan hewan untuk disembelih dalam kegiatanya. Perbedaan aqiqah dan qurban tersebut terletak pada makna dan tujuan serta cara pelaksanaan aqiqah itu sendiri berbeda dengan pelaksanaan qurban. 

7 hikmah Aqiqah dalam Islam yang Harus Kita Ketahui 

Hikmah aqiqah bagi umat muslim tentu sangatlah berkesan mengingat aqiqah adalah salah satu bentuk syukur atas anugrah yang Allah SWT berikan sebagai penerus keturunan dalam sebuah keluarga. Maka dari itu inilah 7 hikmah pelaksanaan aqiqah yang dapat kita ketahui!

1. Menjalin Silaturahmi 

Aqiqah dapat menjadi momen untuk mengundang keluarga, tetangga, dan kerabat dalam suatu acara yang bernuansa keagamaan. Hal ini membantu memperkuat silaturahmi antara anggota keluarga dan komunitas muslim, serta mempererat tali persaudaraan antara sesama umat Islam.

Hikmah aqiqah dapat menjadi momen untuk memperkuat tali silaturahmi. Sumber Klikdokter
Hikmah aqiqah dapat menjadi momen untuk memperkuat tali silaturahmi. Sumber Klikdokter

2. Menyebarkan Kebaikan

Dalam aqiqah, daging hewan yang disembelih akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, termasuk fakir miskin dan orang-orang yang kurang mampu. Ini merupakan wujud dari berbagi rezeki dan kebaikan kepada sesama, serta memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan.

3. Meningkatkan Rasa Syukur

Melakukan aqiqah adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya dalam memberikan seorang anak. Dengan melakukan aqiqah, orang tua mengingatkan diri mereka sendiri tentang pentingnya bersyukur dan menghargai anugerah kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT.

4. Memberikan Nama pada Anak

Dalam aqiqah, orang tua juga memberikan nama pada anak mereka. Nama yang baik dan memiliki makna yang baik dapat memberikan pengaruh positif pada anak dalam kehidupan mereka di masa depan.

5. Penguatan Identitas Muslim 

Aqiqah adalah salah satu ibadah yang spesifik dalam agama Islam. Melakukan aqiqah membantu memperkuat identitas muslim bagi anak yang baru lahir dan juga keluarganya. Hal ini membantu mereka menjalani hidup sebagai muslim dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai agama dan tata cara ibadah.

6. Pembersihan Jiwa

Dalam aqiqah, hewan yang disembelih harus memenuhi syarat-syarat tertentu, termasuk kebersihan dan kesehatan. Dengan memilih hewan yang sehat dan halal untuk dijadikan aqiqah, kita melakukan pembersihan terhadap makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga dan orang-orang yang hadir dalam acara tersebut.

7. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Melalui aqiqah, kita belajar untuk lebih peduli terhadap orang-orang di sekitar kita, terutama mereka yang membutuhkan. Dengan berbagi daging aqiqah kepada orang-orang yang kurang mampu, kita merangsang kepedulian sosial dan menginspirasi orang lain untuk melakukan kebaikan serupa.

Itulah 7 dari sekian banyak hikmah aqiqah bagi umat muslim yang dapat kita ketahui sehingga dapat memberikan kita dorongan dan motivasi agar segera melaksanakan aqiqah bagi diri sendiri atau kerabat yang belum melaksanakan aqiqah.

Bentuk Ekspresi Rasa Syukur Dalam Islam 

Setelah mengetahui hikmah aqiqah bagi seorang muslim tentu menambah rasa syukur atas nikmat dan kebaikan yang dapat kita rasakan dalam pelaksanaan aqiqah tersebut. Agar rasa syukur tersebut utuh haruslah kita ekspresikan secara nyata.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan saat melaksanakan aqiqah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada allah SWT:

1. Berdoa 

Luangkan waktu untuk berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi yang sehat dan atas kesempatan melaksanakan aqiqah. Berdoa juga untuk memohon keberkahan, perlindungan, dan petunjuk bagi bayi tersebut.

Berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT. Sumber Detik
Berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT. Sumber Detik

2. Memperbanyak Ibadah

Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain doa, luangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan memperbanyak ibadah lainnya sebagai ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan.

3. Mengucap Kalimat Tahmid

Tahmid merupakan salah satu bentuk ungkapan syukur dalam agama Islam. Fungsi tahmid adalah untuk menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan kebaikan yang diberikan-Nya kepada kita. Dengan mengucapkan tahmid, kita mengakui bahwa semua yang kita miliki berasal dari Allah SWT, dan kita menyadari betapa pentingnya bersyukur atas segala karunia-Nya.

4. Sujud Syukur 

Sujud syukur merupakan cara untuk menyampaikan rasa syukur yang lebih intens dan dalam kepada Allah SWT. Ketika seseorang merasakan nikmat atau karunia Allah SWT yang luar biasa, sujud syukur menjadi wujud konkret dari pengakuan dan ungkapan terima kasih kepada-Nya.

Dalam sujud syukur, seseorang menempatkan dirinya dalam posisi yang rendah dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Ini merupakan bentuk pengakuan akan kebesaran Allah SWT dan kesadaran bahwa segala nikmat berasal dari-Nya semata.

Ini bisa jadi salah satu hal yang layak untuk mulai diajarkan kepada anak sedak usia dini. Dukung antusias anak dengan berbagai hal seperti menghadiahi mereka sajadah custom atau hadiah-hadiah sejenis.

Sujud syukur merupakan cara untuk menyampaikan rasa syukur yang lebih intens dan dalam kepada Allah SWT. Sumber Berita99
Sujud syukur merupakan cara untuk menyampaikan rasa syukur yang lebih intens dan dalam kepada Allah SWT. Sumber Berita99

Aqiqah Memiliki pengaruh dan dampak yang sangat besar baik bagi diri kita maupun bagi orang orang disekitar kita. Hikmah aqiqah selain menjadi pemutus hubungan hutang sang anak dan akan menjadi pemberi syafaat bagi orang tua aqiqah juga bisa menjadi perekat hubungan antara tetangga, kerabat, dan masyarakat sekitar kita. 

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya yang membahas seputaran akikah. Itulah beberapa hikmah tentang peristiwa aqiqah semoga bermanfaat dan juga menjadi keberkahan bagi kita semua.

Leave a Comment