Makanan Sehat Yang Membantu Memperkuat Gigi Susu Anak

Memasuki fase bawah lima tahun (balita), jumlah gigi susu anak juga bertambah. Apalagi anak akan semakin banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Dengan demikian, para orang tua perlu memperhatikan asupan makanan anak-anak. Tidak bisa asal memberikan makanan. Sebab makanan juga mempengaruhi pertumbuhan gigi

Pentingnya Merawat Gigi Sejak Dini

Perawatan gigi sejak dini menjadi cara mendidik anak balita. Anak-anak sebaiknya dibiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, makanan sehat juga baik untuk pertumbuhan gigi susu. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan sehat untuk menunjang pertumbuhan gigi susu.

1. Susu dan Produk Olahan Susu

Tahukah anda apa saja kandungan gizi dalam susu? Ada banyak, loh. Sebut saja fosfat, kalsium dan vitamin D. Fosfat dan Kalsium bisa berkolaborasi menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) dalam mulut. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri yang memicu gigi berlubang bisa dicegah. 

Selain menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, Kalsium juga bisa menguatkan enamel gigi dan tulang di area mulut. Asam yang berpotensi merusak gigi juga bisa dinetralkan oleh Kalsium. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D, kalsium dan fosfor dari olahan susu seperti kefir, yogurt, dan keju.

Minum susu untuk membantu memperkuat gigi susu anak. Sumber Klikdokter
Minum susu untuk membantu memperkuat gigi susu anak. Sumber Klikdokter

2. Kedelai

Anak anda alergi terhadap susu sapi dan segala produk olahannya? Kedelai bisa jadi alternatif protein bagi anak anda. Anda bisa mengolahnya menjadi susu kedelai sehingga asupan protein anak anda masih tercukupi. Selain memenuhi asupan protein, kedelai dan segala olahannya juga baik bagi gigi susu anak anda.

Kedelai mengandung kalsium yang sangat baik bagi kesehatan gigi susu anak. Kalsium mampu menguatkan gigi dan meningkatkan pertumbuhan gigi anak anda. Anda tidak perlu bingung mengolah kedelai sebab banyak sekali produk olahan kedelai yang disukai anak-anak seperti tahu, tempe dan susu. 

3. Sayuran Hijau

Tidak hanya melancarkan pencernaan, sayuran hijau seperti kangkung dan bayam juga baik untuk pertumbuhan gigi susu anak. Sayuran hijau biasanya sangat kaya akan gizi seperti kalsium, beraneka vitamin, dan juga mineral. Maka sayuran hijau bisa jadi salah satu alternatif asupan makan anak.

Tidak hanya kangkung dan bayam, seledri dan wortel juga baik untuk mendukung pertumbuhan gigi susu anak. Kandungan air dalam kedua sayuran ini sangat banyak. Baik untuk membantu membersihkan plak yang menempel di gigi susu anak. Anda bisa memasukkan sayuran hijau ini ke daftar menu anak anda.

4. Telur

Sebagian besar balita suka makan telur. Ternyata makanan favorit mereka juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan gigi susu. Mengapa? Karena telur mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang karena bisa membantu penyerapan kalsium. 

Tidak hanya vitamin D, protein dalam telur juga membantu pertumbuhan gigi susu anak. Protein bisa membantu proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Tidak perlu takut anak anda bosan makan telur. Anda bisa mengolah telur menjadi hidangan apapun sesuai selera anak-anak. 

Telur baik untuk meningkatkan pertumbuhan gigi susu, karena telur mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Sumber Klikdokter
Telur baik untuk meningkatkan pertumbuhan gigi susu, karena telur mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Sumber Klikdokter

5. Kacang Almond dan Kacang Mede

Kacang-kacangan juga baik bagi pertumbuhan gigi susu, loh! Terutama kacang almond dan kacang mede. Kedua jenis kacang ini kaya akan kandungan lemak alami. Lemak dari kacang almond dan kacang mede dapat melindungi gigi dari bakteri-bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Selain itu, kacang almond dan kacang mede juga mengandung kalsium dan minyak alami. Kedua kandungan tersebut dipercaya bisa menguatkan enamel gigi. Dengan enamel gigi yang kuat, gigi susu anak juga semakin kuat dan tidak mudah rapuh. Anda bisa menyisipkan kedua jenis kacang ini dalam menu cemilan anak-anak.

6. Stroberi

Barangkali stroberi jadi salah satu buah favorit anak-anak. Selain warnanya yang merah cantik, anak-anak juga menyukai stroberi karena rasanya. Rasa stroberi juga kombinasi yang unik antara manis dan asam yang menyegarkan. Tidak hanya itu, stroberi juga baik untuk membantu pertumbuhan gigi susu anak.

Stroberi mengandung kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, gigi, dan juga gusi. Kolagen akan mempercepat penyembuhan kerusakan yang mungkin terjadi pada gigi dan gusi. Selain itu, vitamin C pada stroberi juga melindungi gigi dan gusi dari kerusakan, membersihkan plak sekaligus mengembalikan warna alami gigi.

7. Apel dan Jeruk

Tidak hanya stroberi, buah apel dan jeruk juga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan gigi susu anak. Apel dan jeruk mengandung banyak vitamin C. Selain menjaga gigi dari kerusakan, Vitamin C ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak-anak. Tentu saja anak akan menyukainya.

apel dan jeruk juga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan gigi susu anak. Sumber Istock
apel dan jeruk juga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan gigi susu anak. Sumber Istock

Apel dan jeruk sama-sama memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada kedua buah ini membantu membersihkan plak dari permukaan gigi. Tekstur buah apel yang lebih keras juga membantu menghancurkan plak pada permukaan gigi. Selain itu, apel juga membantu anak melatih kekuatan gigi.

Ternyata banyak juga, ya, makanan yang baik bagi pertumbuhan gigi susu anak. Anda bisa mengenalkan rekomendasi makanan ini sebagai cara mendidik anak Islami. Menikmati berbagai jenis makanan merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat Allah kepada manusia. Rasa syukur ini perlu ditanamkan sejak dini.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa rekomendasi makanan sehat yang baik bagi kesehatan gigi susu anak. Jika anak anda mengalami reaksi setelah konsumsi beberapa makanan tersebut, segera konsultasikan dengan dokter gigi terdekat. Pastikan anak anda mendapatkan pelayanan gigi terbaik. Simak terus ulasan kami, ya!

Leave a Comment