Tujuh Makanan Perangsang Usia Tumbuh Gigi Bayi

Pada umumnya bayi mengalami tumbuh gigi saat berusia 6- 9 bulan, namun tidak sedikit juga saat bayi berusia 3-5 bulan sudah mulai tumbuh gigi. Tetapi juga ada yang berusia 1 tahun baru terlihat pertumbuhannya.Usia tumbuh gigi bayi merupakan proses fisiologis yang akan dialami oleh semua bayi.

Gigi pertama bayi pada umumnya muncul pada usia 6- 9 bulan, meskipun begitu ada juga yang berusia 1 tahun baru muncul gigi pertamanya Anda tak perlu khawatir akan hal ini. Karena setiap tumbuh kembang bayi berbeda- beda. Setiap bayi mempunyai cara tumbuhnya masing- masing. Dan itu adalah sesuatu yang normal.

Yang perlu Anda perhatikan adalah nutrisi yang perlu dicukupi, agar optimal saat proses pertumbuhan. Pada usia tumbuh gigi bayi Anda dapat menyiapkan olahan untuk membantu munculnya gigi susu pada bayi. Berikut ini contohnya.

7 Makanan Perangsang Usia Tumbuh Gigi Bayi

Untuk membantu munculnya gigi susu pada bayi Anda dapat memberikan makanan ini pada sang buah hati. Untuk merangsang tumbuhnya gigi pada bayi membutuhkan makanan yang mengandung kalsium, mineral, protein dan lain- lain. Makanan ini sangat baik dan dianjurkan diberikan saat usia tumbuh gigi pada bayi.

Perhatikan juga usia bayi ketika akan memberikan makanan perangsang tumbuhnya gigi dan makanan pendamping asi. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Makanan Lunak

Berikan makanan lunak pada bayi untuk latihan mengunyah, sehingga dapat memunculkan gigi tumbuh. Contohnya berikan olahan daging cincang halus, yoghurt dingin dan Anda bisa juga memberikan sayur atau buah tumbuk yang diinginkan, kemudian dinginkan di lemari es.

Dengan pemberian makanan lunak akan memudahkan bayi karena akan memudahkan dan tidak perlu susah payah untuk mengunyah makanan. Dengan begini kebutuhan bayi akan terpenuhi, mulai dari kalsium, mineral, vitamin hingga kebutuhan seratnya. Berikan pada bayi usia tumbuh gigi sekitar 6-9 bulan sudah boleh memakan makanan lunak ini.

Memberikan makanan lunak akan melatih ketahanan gigi bayi. Sumber Rsiastellamaris
Memberikan makanan lunak akan melatih ketahanan gigi bayi. Sumber Rsiastellamaris

2. Sereal Gandum

Sereal instan yang dikemas umumnya sudah di modifikasi dengan tambahan berbagai macam vitamin dan tambahan mineral yang baik untuk pertumbuhan gigi bayi. Anda bisa memberikan pada bayi mengkombinasikan dengan susu. Agar mendapatkan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pada bayi.

Serela gandum selain nikmat, juga sehat. Sumber Gigel
Serela gandum selain nikmat, juga sehat. Sumber Gigel

Dengan sering memberikan makanan yang mengandung kalsium akan membuat pertumbuhan pada bayi semakin optimal dan nutrisinya terpenuhi. Untuk pemberian sereal gandum Anda dapat memberikan pada usia bayi 1 tahun. Kalsium yang baik untuk penguatan tulang dan gigi. Sehingga bayi usia satu bulan tidak direkomendasikan.

3. Ikan

Makanan pendukung tumbuh dan berkembangnya gigi yaitu ikan. Berbagai macam jenis ikan dapat Anda berikan untuk si kecil, namun pada umumnya ikan yang dijadikan sebagai olahan untuk makanan bayi yaitu ikan salmon, ikan tuna dan sarden dalam kaleng. Ikan yang tinggi akan protein, jadi dapat menjadi pilihan makanan untuk merangsang tumbuh gigi pada bayi.

Kandungan ikan baik untuk bayi, termasuk untuk giginya. Sumber Momyasia
Kandungan ikan baik untuk bayi, termasuk untuk giginya. Sumber Momyasia

Tak hanya untuk makanan perangsang tumbuhnya gigi, ikan juga mengandung omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) yang dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf dan otak. Ikan- ikan tersebut tinggi akan kandungan DHA.

4. Sayuran

Untuk sayuran sudah sangat familiar digunakan untuk merangsang tumbuh gigi pada bayi. Biasanya sayuran yang digunakan yaitu brokoli, bayam, kembang kol hingga wortel. Sayuran yang tinggi akan mineral dan kalsium. Zat kalsium yang dibutuhkan saat usia tumbuh gigi bayi.

Memberi sayur kepada bayi amat sangat penting. Sumber Kompas
Memberi sayur kepada bayi amat sangat penting. Sumber Kompas

Anda dapat mengolahnya dengan cara mengukus atau juga ditumbuk halus, agar memudahkan bayi untuk menelannya. Dengan begitu kebutuhan bayi bisa didapatkan dengan memberikan sayur- sayuran

5. Kacang dan Biji-Bijian 

Kacang dan biji- bijian ini digunakan sebagai cemilan untuk bayi. Kacang dan biji- bijian dapat merangsang tumbuhnya gigi pada bayi. kacang almond, kacang brazil, kacang hijau, kacang tanah, edamame, biji bunga matahari dapat Anda berikan untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi.

Biji-bijian selain sehat, juga melatih gigi bayi. Sumber Halodoc
Biji-bijian selain sehat, juga melatih gigi bayi. Sumber Halodoc

Sebaiknya tidak memberikan kacang dalam kondisi halus, karena dengan teksturnya yang lengket dan susah untuk dikunyah oleh bayi. Anda bisa mencampurkan kacang dan biji-bijian ke olahan makanan lainnya yang dapat memudahkan untuk dimakan bayi.

6. Olahan dari Kedelai

Makanan dari olahan kedelai mengandung protein yang baik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Anda dapat mengubahnya menjadi susu kedelai, tempe dan tahu. Merupakan olahan kedelai yang dapat Anda berikan untuk si kecil. Susu kedelai dapat dijadikan pengganti susu sapi jika bayi mengalami alergi pada susu sapi. 

Olahan kedelai bisa berupa susu atau tahu. Sumber Asiaparent
Olahan kedelai bisa berupa susu atau tahu. Sumber Asiaparent

Sebenarnya pemberian susu kedelai bisa dimulai dari usia 6 bulan. Untuk memenuhi kebutuhan protein dan banyak manfaat susu kedelai lainnya. 

7. Potongan Buah Beku

Buah beku merupakan olahan yang sangat mudah, Anda hanya menyiapkan beberapa potong buah kemudian dibekukan di lemari es. Berikan kepada si kecil untuk latihan mengunyah. Sehingga dapat merangsang tumbuhnya gigi. Anda bisa memberikan buah semangka beku, melon, pir, apel, buah naga dan buah- buahan lainnya

Buah beku untuk pertumbuhan gigi bayi. Sumber Bpguide
Buah beku untuk pertumbuhan gigi bayi. Sumber Bpguide

Dampingi si kecil saat memakan buah beku agar tidak tersedak dan berikan potongan yang gampang untuk di makan.

Nah, itulah olahan makanan yang dapat diberikan pada bayi untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Sesuaikan kebutuhan dan sesuaikan kondisi usia bayi. Pastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang baik dan cukup agar saat masa pertumbuhan dan perkembangan pada bayi berjalan dengan optimal.

Selain olahan untuk merangsang tumbuhnya gigi, Anda juga perlu memperhatikan proses tumbuhnya gigi dan kebersihannya. Agar tidak muncul hal- hal yang tidak diinginkan. Karena pada usia balita rentan akan terjangkit penyakit. Namun jika hal yang tidak diinginkan terjadi dan menimpa gigi bayi, segera bawa ke klinik gigi terdekat atau dokter gigi Palembang.

Oke, itulah makanan yang dapat Anda berikan untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pendamping asi, agar bayi tidak mengalami kekurangan gizi dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Sekian, jangan lupa simak ulasan menarik lainnya. sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment