Setiap orang tentu akan mengharapkan melahirkan dengan kelahiran secara normal. Akan tetapi kondisi fisik tiap orang berbeda-beda. Ada sebagian dari bunda mungkin diberi pinggul yang sempit oleh Allah Ta’ala sehingga tidak memungkinkan melahirkan secara normal sehingga perlu dilakukan operasi cesar. Atau menderita diabetes yang beresiko untuk keahiran secara normal.

Apapun itu, Allah Ta’ala memberikan cobaan, amanah dan rejeki kepada setiap orang sudah sesuai dengan porsi dan kemampuannya. Dan tidak perlu di risaukan dan di khawatirkan. Termasuk bunda yang harus melahirkan buah hatinya melalui meja operasi maka tak perlu takut dan ragu. Yang dibutuhkan hanyalah tawakkal kepada Allah Ta’ala dan ikhtiar sebaik mungkin. Salah satu bentuk ikhtiar adalah melakukan persiapan menjalani operasi cesar.

Persiapan Menjalani Operasi Cesar
Persiapan sebelum menjalani operasi cesar sangat penting. Sumber Unsplash

Persiapan Menjalani Operasi Cesar

Pada pembahasan artikel kali ini AqiqahSatu.Com yang merupakan penyedia jasa aqiqh Jakarta terpercaya akan membahas mengenai persiapan menjalani operasi cesar bagi bunda. Inilah yang perlu dipersiapkan.

1. Siapkan Mental

Ketika mendengar istilah operasi cesar, ada sebagian orang yang sangat takut dengan istilah operasi pembedahan. Karena itulah persiapan mental sangat penting. Ketika mental sudah siap, tenang dan mempercayakan segala sesuatunya kepada Allah Ta’ala dan optimis akan diberikan yang terbaik maka dalam proses operasi cesar tidak akan ditemui perubahan kondisi yang mendadak seperti tekanan darah yang tiba-tiba tinggi.

Tekanan darah yang tinggi bisa memperberat proses persalinan secara cesar. Karena pembedahan akan menjadi beresiko. Selain itu kadar gula juga harus dijaga kestabilannya. Dan kita paham bahwa tekanan darah tinggi dan juga diabetes terkadang akan kambuh di karenakan terdapat stres dari penderita. Selain itu mencari tahu informasi tentang kehamilan pertama kali juga perlu dilakukan agar ada gambaran jelas bahwa operasi cesar ataupun melahirkan pertama kali tidak separah apa yang dipikirkan sehingga tidak perlu ditakutkan.

2. Persiapkan Fisik

Menjaga fisik sangatlah penting. Selain agar kadar gula dalam darah dan tekanan darah lebih stabil, fisik yang kuat akan lebih memiliki mental yang kuat. Karena itulah menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting apalagi mendekati masa kelahiran. Fisik yang kuat juga akan berpengarug pada proses pemulihan pasca operasi cesar.

Biasanya sebelum dilaksanakan operasi cesar, bunda harus berpuasa terlebih dahulu selama 8 sampai 12 jam tergantung kondisi fisik masing-masing. Selain itu membersihkan bulu kemaluan juga merupakan langkah persiapan sebelum menjalani operasi cesar. Bulu kemaluan di haruska bersih agar terhindar dari infeksi ketika prose pembedahan dilakukan.

3. Cek Kesehatan

Cek kesehatan sangat penting dilakukan sebelum menjalani operasi cesar. Persiapan menjalani operasi cesar ini biasanya dilakukan pihak rumah sakit menjelang dilaksanakannya operasi cesar. Serangkaian tes yang di lalui meliputi tes jantung, tes darah, tes urine dan untuk mengetahui apakah ada tanda bahaya dalam kehamilan.

Maka bagi penderita diabetes atau tekanan darah tinggi sebaiknya sebelum menjalani operasi cesar ataupun tes kesehatan yang dilakukan pihak rumah sakit ada baiknya bunda melakukan cek kesehatan secara berkala dan mandiri. Dari situ akan tekontrol kandungan gula dalam darah dan juga tekanan darah.

Cek darah juga akan meneliti kadar hemoglobin yang terkandung dalam darah. Kadar hb yang rendah saat hamil 9 bulan akan memperbesar resiko persalinan normal. Selain itu cek darah ini untuk mengetahui golongan darah yang dimiliki pasien agar keluarga pasien bisa bersiap-siap mencari pendonor darah jika sewaktu-waktu terjadi pendarahan dan membutuhkan transfusi darah.

4. Persiapan Kelengkapan

Ada beberapa barang yang perlu dipersiapkan saat menjalani persalinan secara cesar. Dibawah ini beberapa diantaranya.

  • Pakaian bayi yang baru lahir. Pakaian ini harus dipersiapkan dan juga popok bayi, sabun, handuk bayi dan sebagainya. Ada sebagian rumah sakit yang sudah menyediakan barang tersebut tapi ada pula yang harus dipersiapkan oleh pasien.
  • Pakaian pasca bersalin. Pakaian setelah bersalin ini seperti daster yang longgar yang sangat di butuhkan setelah operasi, karena bunda akan dipasang kateter setelah operasi paling tidak selama 12 jam. Selain itu persiapkan pakaian yang memudahkan untuk menyusui bayi.
  • Perlengkapan melahirkan lainnya seperti wadah ari-ari, pembalut bersalin, dan lainnya.
  • Ada pula perlengkapan lain yang bisa dipersiapkan mendadak seperti pompa ASI yang digunakan untuk memompa ASI bunda yang tidak juga keluar. Selain itu bisa juga membeli nira kelapa, obat-obatan atau ramuan jamu yang dapat merangsang ASI untuk keluar.

Ketika bayi sudah berhasil di keluarkan dari rahim maka pastikan bunda ketika pulih kesadarannya bisa menyentuh bayi dengan sentuhan skin by skin secara langsung. Hal ini bisa dilakukan jika bayi yang di lahirkan normal dan sehat. Namun jika ada kendala seperti bayi lahir prematur, bayi yang menelan cairan dan lainnya maka bayi harus segera dirawat intensif di ruangan perawatan NICU.

Persiapan Menjalani Operasi Cesar
Dokter memutuskan melakukan pembedahan cesar karena ada sebab. Sumber Unsplah

Pada saat inilah bunda harus bersabar dan fokus pada pemulihannya. Sehingga ketika bunda bisa bergerak dan mampu untuk duduk maka mintalah kepada perawat untuk diantarkan ke ruang perawatan bayi agar bisa menyusui pertama kali secara langsung. ASI yang pertama kali keluar sangat penting bagi daya tahan tubuh bayi.

Itulah penjelasan mengenai persiapan menjalani operasi cesar yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa disebar informasi ini jika dirasa berguna dan pastikan membaca artikel lainnya tentang adat seputar aqiqah dan kelahiran pada website ini. Terima kasih.