Bisnis di era sekarang bukan hanya soal harga dan kualitas. Namun juga memperhatikan brand, big data dan bisnis model. Jika kemarin kita berbagi soal aset digital untuk usaha aqiqah. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan seputar aset fisik. Yaitu interior kantor jasa aqiqah.

Bicara soal interior kantor, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan manakala interior kantor usaha kita baik, termasuk usaha aqiqah tentunya. Diantara manfaat baiknya interior kantor adalah adanya peningkatan produktifitas kerja, bisa membantu proses branding juga yang lainnya. Maka berbahagialah saat berkreasi interior kantor aqiqah Anda.

Ruang kerja yang nyaman, sumber unsplash @heftiba
Ruang kerja yang nyaman, sumber unsplash @heftiba

Tips Menata Kantor Aqiqah

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki penataan interior kantor kita, diantaranya adalah:

1. Gunakan Gaya Kasual

Sudah bukan zamannya lagi memiliki kultur perusahaan yang kaku. Sekarang beda dengan era 80 an atau bahkan zaman penjajahan. Kultur kerja di generasi milenial adalah santai dan menyenangkan. Maka penting untuk menciptakan interior yang kasual dan tidak kaku.

2. Maksimalkan Fungsi Storage

Bisnis Anda ingin berkembang bukan? Saat bisnis kita berkembang, otomatis akan berkembang pula alat dan dokumen kita. Untuk itu persiapkan sejak dini storage yang bisa dipakai. Optimalkan area yang memungkinkan menjadi tempat penyimpanan. Kita bisa memakai bawah tangga, menjadikan partisi sebagai penyimpanan dan sebagainya.

3. Dekorasi Pemicu Semangat

Semangat kerja tim adalah hal yang penting. Leader bisa mengkondisikan semangat kerja tim melalui leadership yang bagus. Namun selain itu, kita masih bisa memaksimalkan untuk memantik semangat tim dengan memilih dekorasi yang cocok.

Jika bisa sesuaikan dengan tema usaha kita. Contoh jika terkait usaha aqiqah kita bisa membuat mural di dinding dengan tulisan “Iklhas berkorbanlah sebagaimana Nabi Ibrahim berkorban, begitu pula saat bekerja“. Atau mempigura tulisan lain yang bertema kambing aqiqah untuk menyemangati tim. Lets be creative.

Contoh penggunaan logo dan corak warna google, unsplash @rajeshwerbatchu7
Contoh penggunaan logo dan corak warna google, unsplash @rajeshwerbatchu7

5. Bermain Warna Dinding

Setiap perusahaan memiliki corporate color yang menjadi identitas mereka. Sebagai contoh google memiliki ciri khas warna merah, kuning, biru dan hijau. Berkreasi dengan dinding agar tidak monoton. Sehingga bisa membantu proses branding juga menjadi penyemangat kerja tim. Karena dunia terlalu indah untuk disiakan.

Jika jasa aqiqah Anda memiliki banyak cabang. Keren juga jika setiap kantor cabang memakai warna ciri khas kota tersebut. Jadi setiap pemilik berkunjung ke cabang bisa mendapatkan atmosfer yang baru.

6. Memperhatikan Tata Letak

Coba bayangkan jika Anda harus perlu 500 meter untuk ke toilet atau ambil minum / makan saat di kantor. Tentu tidak mengenakkan bukan? Dengan kreativitas dan empati sejak dini pada para karyawan, kita bisa mendesain sebuah ruang kerja yang memudahkan mereka. Termasuk juga untuk urusan tingga lemari, tinggi kursi, tempat printer dan sebagainya.

7. Fleksibilitas Furniture

Memiliki kantor yang isinya generasi milenial tentu tidak bisa statis. Kantor perlu secara berkala diberikan sentuhan agar tim bisa betah. Untuk itu baiknya furniture yang dibeli bukan furniture besar dan berat. Cari dan belilah furniture secara terpisah, coba membeli furniture yang yang ringan sehingga mudah dipindahkan dan dipadu padankan.

Ruang kantor dengan pencahayaan baik, unsplash @timmykp
Ruang kantor dengan pencahayaan baik, unsplash @timmykp

8. Ventilasi & Pencahayaan Cukup

Apapun konsep ruang kerja yang Anda buat, pastikan tidak bermasalah secara ventilasi dan pencahaan. Apalagi jika perusahaan Anda banyak bermain dengan digital marketing yang membutuhkan perangkat digital yang banyak. Baiknya konsultasi dengan ahli interior untuk mengatur pencahayaan dengan baik.

Ada 8 tips menata interior ruang kerja yang bisa kami bagikan untuk Anda. Ini bisa diterapkan untuk usaha catering aqiqah seperti kami atau untuk usaha yang lain. Jika masih ragu untuk mendesain sendiri ruang kerja Anda, kami sarankan untuk memakai jasa interior desain saja. Terimakasih, semoga bermanfaat, salam hormat dari Aqiqah Satu.

Chat WhatsApp