Aqiqah menjadi salah satu perintah agama yang hukumnya sunnah muakkad. Menjadi momen sekali seumur hidup, jadi usahakan memilih kambing aqiqah yang terbaik untuk pelaksanan aqiqah. Tak hanya doa dan tatacara pelaksanaan aqiqah saja yang perlu diperhatikan, melainkan pemilihan hewan aqiqah juga sangat penting. Itulah mengapa informasi seputar aqiqah sangat penting di ketahui.

Anda perlu memahami dan mengetahui seperti apa ciri-ciri hewan aqiqah yang layak untuk disembelih. Ada berbagai faktor penting yang menjadi pertimbangan bahwa hewan tersebut baik dijadikan sebagai hewan aqiqah.

Adapun aqiqah anak laki-laki dan anak perempuan berbeda dalam jumlah. Untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing sedangkan untuk anak perempuan 1 ekor saja.

“Semua anak yang lahir tergadaikan dengan aqiqahnya.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa-i)

Syarat Kambing Aqiqah

Anda harus memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kambing layak digunakan. Tidak boleh sembarangan di dalam memilih kambing aqiqah. Saat menjalankan perintah agama yang satu ini, Anda harus cermat. Sebab tidak mudah memilih kambing untuk aqiqah. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut.

  1. Sehat
  2. Tidak hilang sebagian anggota badan seperti tanduk atau kuping
  3. Tidak cacat dan tidak ompong

Selain itu, diutamakan berjenis kelamin jantan, meskipun tidak ada hadits yang menyatakan bahwa hewan aqiqah wajib berkelamin jantan. Hal ini penting untuk diperhatikan demi kelangsungan reproduksi hewan agar tetap terjaga.

Perlu Anda ketahui bahwa persyaratan di atas merupakan qias dari kambing untuk qurban. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa persyaratan kambing Aqiqah sama dengan kambing Qurban. Namun, ada juga sebagian ulama memperbolehkan jenis kambing apa saja mengingat tidak ada dalil khusus yang menyebutkan tentang kambing aqiqah.

Tentu yang paling afdol ialah sesuai persyaratan di atas, terlebih jika Anda lebih meyakini ajaran Rasulullah. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam Aqiqah itu sendiri, sebagai contoh untuk mempererat silaturahmi serta ikatan sosial dengan para kerabat, fakir miskin, tetangga, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengamalkan sunnah ini.

Tips Memilih Kambing Aqiqah

Bagi Anda yang ingin membeli kambing aqiqah sendiri, berikut ulasan lengkap mengenai beberapa tips memilih kambing aqiqah untuk anak yang perlu Anda ketahui.

Adapun ciri-ciri kambing yang sehat antara lain tubuhnya kuat, berdada lebar, pinggangnya lurus, kakinya cenderung kokoh dan kuat, serta berukuran besar dan panjang, tubuhnya tidak terlalu gemuk atau pun terlalu kurus. 

Jadi, kambing yang sehat tidak harus gemuk, jadi jangan jadikan besar hewan tersebut sebagai ukuran untuk melihat sehat atau tidaknya.

Mata yang Sehat

Kambing yang sehat dapat diperhatikan dari bagian matanya. Jika matanya dapat fokus dan melihat dengan jelas dapat dipastikan hewan tersebut dalam kondisi baik. Pandangan mata yang fokus, menandakan bahwa hewan tersebut dapat melihat dengan jelas.

Selain itu, hindari kambing dengan mata yang merah. Mata merah menjadi salah satu tanda bahwa hewan sedang tidak sehat.

Gigi dan Kuku yang Bersih

Untuk memastikan bahwa hewan tersebut sehat, Anda juga bisa memperhatikan bagian utama giginya, pada rahang giginya haruslah kuat guna mengunyah makanan. Selain itu, kuku yang bersih juga menjadi faktor penting bahwa hewan aqiqah tersebut layak.

Kuku bersih merupakan tanda bahwa kambing sehat. Kambing dipastikan terbebas dari cacing apabila kukunya bersih. Cacing bisa berkembang biak di dalam kambing. Sangat berbahaya bila Anda mengkonsumsi daging kambing yang terjangit cacing.

Punggung yang Besar

Selanjutnya, kambing yang mempunyai daging banyak dapat dilihat pada bagian punggung dan pahanya. Usahakan untuk memilih kambing dengan punggung yang besar. Punggung besar menandakan bahwa kambing memiliki daging yang banyak.

Artinya masakan berbahan dasar daging kambing yang diolah untuk aqiqah menghasilkan porsi yang banyak. Idealnya berat kambing yang sudah cukup umur untuk aqiqah adalah 30 hingga 40 kilogram. Jika lebih, justru lebih baik. Kecuali jika Anda mendapat kambing yang beratnya kurang, bisa jadi ternak tersebut belum cukup umur untuk disembelih.

Membeli dalam kondisi hidup

Penting untuk Anda ketahui, membeli kambing aqiqah dalam keadaan masih hidup bertujuan supaya daging terjamin segar dan memiliki riwayat kesehatan yang jelas. Lain halnya jika Anda memesan paket aqiqah secara online, disarankan untuk meminta foto atau video dokumentasi dari pihak penyedia layanan guna untuk memastikan. Lebih baik lagi jika konsumen mengetahui cara beternak kambing aqiqah dari penyedia layanannya.

Tidak ada aturan untuk membeli kambing dalam keadaan hidup. Namun untuk menjamin bahwa kambing sehat, maka Anda disarakan untuk membeli yang masih hidup. Selain itu, Anda juga bisa memastikan bahwa hewan ternak tersebut akan disembelih dengan cara disyariatkan. Ini penting untuk menjaga kehalalannya.

Jangan membeli yang sudah dipotong

Membeli daging kambing yang sudah dipotong-potong juga beresiko cukup besar. Hal ini karena pembeli tidak melihat langsung kondisi kambing tersebut. 

Sebab Anda tidak tahu, apakah disembelih dengan syariat yang benar atau tidak. Ini karena jika hewan tersebut disembelih tidak dengan menyebut nama Allah, menjadikan daging kambing itu tidak halal untuk dikonsumsi.

Jangan mudah tertipu dengan harga

Harga mahal tidak menjamin Anda mendapatkan kambing yang baik untuk aqiqah. Disarankan bagi Anda untuk memilih kambing sesuai budget. Adapun cara untuk bisa mendapatkan kambing yang sesuai keinginan ialah Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu dari berbagai sumber.

Sebagai contoh, Anda bisa mencarinya di internet. Selain mudah dan praktis, layanan secara online terkadang juga menyediakan pilihan paket yang cukup lengkap. Seperti layanan aqiqah jakarta Aqiqah Satu memberikan paket yang bervariasi sesuai dengan permintaan anda.

Anda juga bisa membeli kambing aqiqah melalui rekomendasi kerabat, jangan pernah malu untuk bertanya, agar mendapatkan kambing yang terbaik.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips memilih kambing aqiqah yang baik. Memilih kambing aqiqah memang tidak mudah, namun Anda harus tetap melakukannya dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Chat WhatsApp