Dunia bergerak ke arah digital. Dahulu kita tidak pernah membayangkan orang menjual produk hanya melalui kotak kecil smartphone. Orang di desa bisa menjual produk kepada bule di benua Amerika. Jarak menjadi semakin tak berarti di era digital ini.

Bisnis apapun yang ingin terus bisa bertahan dan tumbuh “wajib” untuk memanfaatkan digital marketing. Tentu tidak semua channel untuk digital marketing harus dikuasai pada satu waktu. Yang terpenting adalah pikiran untuk senantiasa berkembang itu ada.

Daftar Aset Digital

Kami sebutkan beberapa aset digital yang ada di era saat ini. Bisa jadi kedepan akan berkembang. Beberapa yang kami sebutkan berada dalam kendali penuh Anda, beberapa yang lain ikut nebeng platform yang lain.

1. Website

Website adalah salah satu aset digital utama dalam industri 4.0 ini. Website memiliki banyak peran, mulai dari sarana edukasi, pengenalan produk hingga sarana untuk mencari data pelanggan. Powerfull bukan kegunaan website? Jika belum punya, silahkan kontak web developer terdekat yang Anda percayai untuk membuatkan website usaha Anda.

Website layanan aqiqah
Website resmi Aqiqah Satu

2. Daftar Email

Jangan remehkan alamat email. Dari alamat email yang sudah tersegmentasi bisa menjadi sarana powerfull untuk marketing. Kita mengenal istilah email marketing. Lewat platform iklan seperti fb ads atau instagram ads, daftar email bisa menjadi sumber data mencari pelanggan tertarget. “Menyeramkan” bukan?

3. No Telepon

Apa gunanya no telepon? Banyak sekali. Anda bisa call satu demi satu untuk menawarkan produk Anda. No yang disimpan jika punya WA bisa didorong untuk menyimpan no Anda agar bisa melihat story Anda. Hingga memakai no telepon untuk retargeting calon pelanggan di platform iklan fb dan instagram. Banyak jalan menuju closing. 🙂

4. Sosial Media

Sosial media seperti instagram, facebook, youtube, pinterest, twitter merupakan aset digital. Namun bedanya adalah, platform sosial media ada ditangan pihak lain. Jika suatu saat tutup, kita tidak punya kendali apa-apa lagi. Lo gue end.. 🙂

Ilustrasi aset digital sosial media, unsplash @merakist
Ilustrasi aset digital sosial media, unsplash @merakist

5. Ebook

Lho apakah pengusaha harus membuat e-book sendiri. Tentu tidak, anda bisa memilih untuk memiliki ebook sesuai dengan bidang usaha Anda atau tidak. Jika Anda punya ebook, itu bisa menjadi nilai tambah untuk disebarkan ke klien Anda. Sarana edukasi yang bagus.

Kegunaan Aset Digital

Lantas apa pentingnya aset digital untuk usaha kita. Berikut coba kami jabarkan manfaat memiliki aset digital.

1. Channel Penjualan

Beberapa contoh aset digital diatas bisa dimanfaatkan sebagai channel penjualan. Kami juga memanfaatkan website ini untuk menjual layanan aqiqah yang kami miliki. Tentu jika bicara website perlu mendatangkan trafik. Jika tidak bisa melakukan sendiri bisa bekerja sama dengan perusahaan jasa seo untuk melakukan hal itu.

2. Media Komunikasi

Aset digital seperti telepon dan email bisa menjadi media komunikasi efektif. Baik seputar produk kita, ataupun kondisi lain semisal adanya kecelakaan yang perlu kita klarifikasi.

Halaman edukasi digital marketing dari SEO Anak Sholeh
Halaman edukasi digital marketing dari SEO Anak Sholeh

3. Wahana Edukasi

Selling is about helping. Kami yakin akan hal tersebut. Oleh karena itu banyak berbagi pengetahuan bukan hal kerugian bagi pemilik usaha di era digital ini. Nama brand anda akan semakin dikenal dan pada gilirannya akan berimbas pada kenaikan profit.

4. Retargeting Konsumen

Platform iklan seperti google ads, facebook ads dan instagram ads memiliki fitur retargeting calon konsumen. Jika anda memiliki daftar alamat email atau no telepon konsumen dengan niche tertentu. Ini bisa sangat bermanfaat saat akan jualan produk lain pada niche tersebut.

Bagi kami yang bergerak dalam usaha aqiqah, ke 4 hal tersebut sangat bermanfaat. Bisa keuntungan memiliki aset digital diatas bisa jadi ada yang belum Anda pahami. Tetap semangat, jangan menyerah untuk terus belajar.

Jika Anda sebagai owner sebuah perusahaan. Saat Anda menyerah maka coba bayangkan nasib keluarga dari karyawan Anda. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan jika ada yang ditanyakan silahkan menggunakan kolom komentar yang kami sediakan. Salam hangat dari Aqiqah Satu. 🙂

Chat WhatsApp