Bayi dalam perkembangannya tentu membutuhkan bantuan dari luar termasuk berbagai rangsangan buatan. Dan rangsangan atau stimulan ini bisa diberikan sedini mungkin. Karena itu stimulasi bayi usia satu bulan bisa diberikan tanpa harus menunggu usia yang lebih lanjut.

Tumbuh Kembang Bayi Usia Satu bulan

Perkembangan bayi usai satu bulan bisa anda rasakan dalam berbagai hal. Seperti ketika jari tangan anda diletakkan pada telapak tangan bayi maka ia akan menggenggam dengan erat. Selain itu ketika anda mengusap atau menyentuh pipinya maka ia akan membuka mulutnya dan melakukan gerakan seperti akan minum ASI.

Sebenarnya pada usia satu bulan bayi sudah bisa diberikan rangsangan dengan melakukan teknik tertentu. Meskipun tiap bayi mengalami tingkat perkembangan yang berbeda beda namun tidak ada salahnya dalam memberikan rangsangan sejak dini.

Stimulasi Bayi Usia Satu Bulan

Dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam memberikan stimulasi bayi usia satu bulan. Anda bisa mencobanya kepada putra putri anda yang telah menginjak usai satu bulan.

1. Merubah Posisi Tidur

Bayi satu bulan bisa diberi stimulasi gerakan merubah posisi tidur. Bisa dari terlentang ke posisi miring. Namun ada sebagian orang menganggap pemberin stimulasi seperti ini terlalu dini. Sebenarnya tidak masalah. Bahkan dengan memberikan stimulasi lebih dini anda bisa mengetahui perkembangan bayi lebih cepat dan keterlambatan tumbuh kembang dapat diketahui lebih cepat sehingga bisa di lakukan penanganan lanjutan.

Memposisikan bayi tengkurap untuk usia bayi satu bulan sebenarnya tidak ada masalah, tetapi yang menjadi kendala adalah karena bayi belum bisa engangkat kepala maka ia akan kesulitan bernafas. Caranya adalah dengan sesekali menengkurapkannya di dalam pelukan dengan memastikan hidung bayi tidak tertutup dengn cara memberikan rangsangan agar bayi mengangkat sedikit kepalanya. Namun lebih amannya bayi di latih untuk posisi miring terlebih dahulu.

Jika bayi seperti kurang bertenaga bisa jadi asupan nurisi untuk ibu hamil dan menyusui kurang. Jik berat badan dan pergerakan bayi lamban maka sebaiknya di lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak atau spesialis tumbuh kembang. Adanya kelainan seperti PJB (Penyakit Jantung Bawaan) juga mengakibatkan tumbuh kembang bayi menjadi lamban.

2. Memberikan Mainan

Meskipun penglihatan bayi usia satu bulan terkadang belum smpurna tetapi sebenarnya ia sudah bisa merasakan segala yang ada di sekitarnya. Karena itulah berikan mainan pada bayi usia satu bulan. Berikan mainan berwarna warni dan yang memiliki suara seperti kerincingan bayi dan mainan sejenisnya.

Ketika memberikan mainan pada bayi, maka gantungkan posisi mainan di atas kepala bayi. Dengan memberikan mainan yang digantung di atas kepala bayi yang tidur terlentang maka anda akan mudah memberikan rangsangan kepada bayi untuk memegangnya.

Bisa juga dengan menggerakkan mainan di depan wajahnya agar si kecil bisa mengikuti gerakan mainan itu dengan matanya. Pada fase ini tingkat kecerdasan bayi berbeda beda. Ada yabg nenerlukan waktu lama dalam merespon. Itulah mengapa nutrisi untuk kecerdasan bayi sangat diperlukan.

3. Ajak Berbicara

bayi pada usia satu bulan bisa diberi stumulan berupa suara. Karena itulah ibu yang memiliki bayi usia satu bulan bisa mengajak si kecil untuk berbicara. Dengan demikian si kecil akan hafal dengan suara ibunya. Bisa juga dengan merangsang anak untuk mengeluarkan suara atau paling tidak merangsang anak untuk merespon. Cara yang umum dilakukan adalah dengan melakukan permainan cilukba. Meskipun terkadang anak belum bisa merespon tetapi permainan ini.

4. Mengenalkan Jam Tidur

Pada usia awal ini bayi akan memiliki jm tidur lebih lama. Namun jangan sampai adanya jam tidur yang lama tersebut dapat menganggu konsumsi ASI dari bayi. Jika waktunya minum ASI maka bangunkanlah si kecil agar segera mengkonsumsi ASI. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka bayi menjadi terbiasa.

Bayi dengan usia masih kecil tetap perlu mendapat stimulus. Sumber ibupedia

Selain itu pada usia satu bulan anda bisa mengenalkan jam tidur pada bayi. Bayi belum mengenal jam siang dan jam malam. Untuk membantunya maka buatlah suasana hening di malam hari sehingga pada malam hari bayi segera tertidur. Tetapi adakalanya pada usia satu bulan bayi masih mengalami sindrom menangis tiap malam tanpa sebab yang jelas. Jika hal ini terjadi maka anda jangan cemas karena perilaku bayi baru lahir tersebut biasa di alami bunda yang memiliki bayi yang baru lahir.

Itulah beberapa ulasan mengenai stimulasi bayi usia satu bulan yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lewatkan artikel menarik lainnya di website Aqiqah Satu yang menyediakan jasa aqiqah di berbagia kota di Indonesia.