Anak adalah anugerah Allah yang hendaknya disyukuri. Dengan mendidik anak sejak balita agar tertib dan taat kepada orang tua, guru dan ajaran agama sebenarnya menjadi modal tiket ke surga bagi orang tua. Oleh karena itu investasi ini harus dijaga dengan baik.

Tetapi dalam melahirkannya kadang terdapat banyak kendala sehingga meskipun kelahirannya berjalan dengan selamat, ibu dan bayi juga sehat namun dapat menjadikan kelahiran sebagai momen yang mengkhawatirkan. Salah satu yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kelahiran prematur. Seperti apa bayi lahir prematur? Dan apa penyebab bayi lahir prematur ?

Melahirkan pertama kali
Bayi di dalam inkubator. Sumber Unsplash

Kelahiran Prematur

Kehamilan prematur adalah kehamilan yang menghasilkan bayi lahir hidup dengan lama kehamilan kurang dari waktu yang semestinya (9 bulan 10 hari), tetapi sudah berumur lebih dari 6 bulan. Karena kelahiran prematur tidak pada usia kehamilan yang semestinya bayi yang dilahirkan juga berpotensi terjadi kelainan lebih tinggi daripada kelahiran normal.

Meskipun begitu kelahiran bayi prematur tidak perlu ditakutkan karena memang kelahiran seperti itu kerap terjadi dan tidak bisa dihindari oleh sebagian orang karena sebab tertentu. Oleh karena itu mempersiapkan kelahiran normal lebih diutamakan agar menghindari resiko lebih besar.

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab bayi lahir prematur pada kelahiran bayi. Sebagian faktor tersebut sebenarnya bisa dihindari tapi sebagian yang lain memang tidak bisa dihindari.

1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok saat hamil dan mengkonsumsi alkohol menjadi pemicu kelahiran bayi secara prematur. Mengkonsumsi hal diatas termasuk juga mengkonsumsi obat-obatan terlarang harus dihindari.

Kurangnya nutrisi saat kehamilan juga selain mengancam tumbuh kembang bayi juga bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Oleh karena itulah menjaga kesehatan ibu hamil sangat diperhatikan pada saat kehamilan.

2. Penyakit

Penyakit yang dapat memicu bayi lahir prematur adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes atau kadar gula yang tinggi dan juga anemia. Pada gejala diabetes dan juga darah tinggi selain dapat memicu kelahiran bayi prematur juga mempertinggi resiko melahirkan secara operasi cesar.

Manfaat daging kambing bagi wanita hamil memang ada tetapi konsumsi yang tidak sesuai takaran yang ideal dapat membahayakan kondisi kehamilan. Oleh karena itu bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan harus hati-hati agar tidak terkena penyakit saat kondisi hamil dan melahirkan.

3. Kelainan saat kehamilan

Adanya kelainan pada kehamilan bisa memicu terjadinya kelahiran prematur. Seperti masalah pada plasenta seperti plasenta previa atau abruptio plasenta juga bisa membuat bayi lahir prematur.

Plasenta previa adalah kondisi ketika plasenta tertanam terlalu dekat dengan serviks atau mulut rahim. Karena kondisi itulah ibu hamil rentan mengalami pendarahan yang hebat sehingga sering kali memerlukan operasi caesar.

Abruptio plasenta atau solusio plasenta merupakan kondisi ketika plasenta mulai memisahkan diri dari dinding rahim padahal bayi belum saatnya lahir. Kondisi ini dapat membahayakan nyawa sang ibu dan bayinya sehingga bayi perlu dilahirkan lebih dini.

4. Infeksi

Penyebab bayi lahir prematur bisa dikarenakan serangan infeksi bakteri. Bakteri yang menginfeksi di sekitar kandungan mampu membuat ketuban rentan pecah lebih dini atau selaput pnyangga ketuban menjadi lemah. Penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore dan trikomoniasis dapat memicu kelahiran bayi secara prematur.

Selain itu infeksi saluran kemih (ISK) disinyalir bisa memicu infeksi yang lebih parah. Jadi bagi ibu hamil yang dulunya pernah mengalami kelahiran prematur pada anak sebelumya lebih baik segera dikonsultasikan kandungannya. Segera ke dokter bila terdapat tanda bahaya pada kehamilan.

5. Penyebab lainnya

Pernah melakukanoperasi serviks sehingga struktur serviks yang kurang dari 2.5 cm, atau serviks yang membuka dan menutup tanpa kontraksi juga sebagai salah satu penyebab bayi lahir prematur. enjalani operasi di rongga perut selama mengandung, misalnya akibat radang usus buntu atau batu empedu, juga meningkatkan risiko bayi terlahir secara prematur.

Penyebab Bayi Lahir Prematur
Bayi baru lahir. Sumber Unsplash

Selain itu program bayi tabung, berat ibu hamil yang tidak ideal, jarak antara kehamilan pertama dan kedua terlalu dekat, usia ibu hamil yang tidak ideal seperti dibawah 17 tahun atau di atas 35 tahun juga memicu kelahiran prematur. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab kelahiran prematur lainnya yang perlu diwaspadai.

Itulah ulasan mengenai penyebab bayi lahir prematur pada website jasa aqiqah Jakarta, Aqiqah Satu. Dengan mempelajari berbagai hal tentang kelahiran dan kehamilan diharapkan anda yang saat ini tengah hamil bisa mempersiapkan segala hal baik berupa mental dan finansial. Terina kasih.

Chat WhatsApp