Dalam menyambut bayi yang baru lahir, selain tuan rumah disibukkan dengan merawat bayi yang baru lahir juga akan disibukkan dengan acara aqiqahan sekaligus pemberian pada bayi yang baru lahir. Pada acara aqiqah ini akan diadakan serangkaian acara kenduri, pemotongan kambing atau domba dan juga pembagian makanan aqiqah. Mengenai hewan yang disembelih yakni kambing atau domba, meskipun perbedaan kambing dan domba cukup jelas, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan jelas perbedaan keduanya.

Yang paling populer untuk dijadikan bahan masakan adalah daging kambing. Daging kambing yang sebenarnya memiliki bau khas prengus yang begitu kuat justru malah lebih sering di pakai sebagai bahan olahan masakan. Salah satu olahan kambing terkenal adalah sate klathak khas Jogja. Berbagai kuliner khas yang ada di Indonesia seperti tengkleng khas Solo juga berasal dari daging kambing.

Perbedaan Kambing dan Domba
Domba berkelompok. Sunber Unsplash

Kambing Atau Domba untuk Aqiqah ?

Bagaimana dengan penggunaan hewan ternak untuk aqiqah? Apakah harus menggunakan kambing atau boleh menggunakan domba?

Sebenarnya Rasulullah telah memberikan tauladan dengan menyembelih kambing untuk pelaksanaan aqiqah, sebagaimana dengan hadits berikut ini :

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing, dan anak perempuan satu kambing“. (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Kambing dan domba adalah jenis ternak yang sering sekali ditemui di sekitar pemukiman. Meski sering terlihat serupa, tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan kambing dan domba. Dalam bahasa latin, kambing disebut Capra hirpus sedangkan domba memiliki nama lain Ovis aries. Bila dilihat sekilas, kedua hewan ini hampir sama.

Karena memiliki kemiripan bentuk dan kedekatan secara spesies ini maka ulama berpendapat bahwa aqiqah dengan domba juga diperbolehkan. Karena itu, jika anda menginginkan aqiqah menggunakan domba tidak perlu ragu untuk melakukannya. Antara domba dan kambing meskipun berbeda, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Mengapa memilih kambing ?

Selain karena merujuk kepada apa yang telah di sampaikan oleh Rasulullah, daging kambing lebih populer daripada daging domba. Karena itulah kuliner kambing lebih populer daripada kuliner domba. Beberapa penyedia jasa aqiqah di jakarta seperti Aqiqah Satu lebh merekomendasikan kambing meskipun tidak tertutup kemungkinan menyediakan layanan aqiqah domba.

Perbedaan Kambing dan Domba Menurut Klasifikasi Spesies

Domba termasuk dalam sub family Caprinae dan family Bovidae. Genus Ovis mencakup semua jenis domba, sedangkan domba domestik termasuk ke dalam spesies Ovis aries. Sedangkan kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan dengan domba karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae.

Karena tergolong dalam satu sub family yng sama, maka secara bentuk, kambing dan domba memiliki kemiripan. Selain itu persilangan antara kambing dan domba sudah dicoba di lakukan. Seekor hewan yang disebut Geep yang merupakan perpaduan antara kambing dan domba diklaim merupakan hasil persilangan antara kambing dan domba.

Perbedaan Kambing dan Domba Dari Segi Fisik

Cara mudah membedakan antara domba dan juga kambing adalah dengan melihat ciri fisiknya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan domba dan kambing dalam segi fisik.

1. Bulu

Bulu domba menjadi salah satu komodits ekonomi di beberapa negara. Perbedaan yang mudah ditemukan antara domba dan kambing adalah pada bulunya. Bulu pada kambing cenderung lurus dan tidak terlalu lebat. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting dan lebat. Bulu domba atau biri-biri biasanya dicukur jika sudah lebat untuk dibuat menjadi kain wol. Kelenjar bau pada kambing yang ada di bawah ekornya tercium lebih menyengat sedang domba tidak begitu menyengat.

2. Telinga dan tanduk

Perbedaan lainnya ada pada telinga kambing yang sebagian besar terjuntai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Sedangkan perbedaanpada tanduk adalah kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas tegak lurus agak ke belakang atau ke samping sedangkan tanduk domba melengkung, selain itu tidak semua domba memiliki tanduk. Karena tanduk yang cukup besar pada domba, satwa ini sering di temukan di arena adu domba di daerah garut Jawa Barat.

3. Cara makan

Kambing biasanya memakan daun-daun segar, pucuk daun, dan memakannya dengan agak berdiri seperti halnya jerapah. Sedangkan domba makan dengan cara merumput, mencari rumput yang pendek di permukaan tanah sehingga cara makannya meruduk. Namun tidak jarang ada kambing yang di lepas di padang rumput untuk merumput dan mencari makan sendiri dengan memakan rumput alang-alang yang tinggi.

Perbedaan Kambing dan Domba
Jenis kambing. Sumber Unsplash

4. Perilaku

Kambing adalah tipe hewan yang cenderung mandiri dan bebas sedangkan domba lebih suka berkelompok dan merasa gelisah kalau terpisah dari kawanannya. Ketika mencari perlindungan, kambilng lebih gesit dan cepat dibandingkan domba. Kambing tidak suka jika kakinya terkena air dan basah, sehingga mereka akan segera mencari rumput di tempat yang lebih tinggi.

Itulah perbedaan kambing dan domba untuk aqiqah. Semiga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang cara mendidik anak balita hanya ada di website layanan aqiqah di jakarta, Aqiqah Satu. Anda bisa membagikan artikel ini melalui akun media sosial anda jika artikel ini dirasa bermanfaat. Terima kasih.